Mengenal Router CPE Start Hybrid dari Advan

Di era yang semakin digital ini, kebutuhan akan internet yang cepat dan stabil menjadi hal yang sangat penting. Advan, sebagai salah satu produsen elektronik terkemuka di Indonesia, menghadirkan solusi koneksi internet yang andal melalui produk terbarunya, yaitu Router CPE Start Hybrid. Artikel ini akan membahas fitur-fitur unggulan, spesifikasi teknis, cara instalasi, dan keunggulan menggunakan router ini.

Fitur-fitur Unggulan Router CPE Start Hybrid

Router CPE Start Hybrid menawarkan sejumlah fitur yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet di rumah atau kantor Anda. Berikut ini beberapa fitur unggulannya:

Kecepatan Internet yang Stabil

Router ini menggunakan teknologi hybrid yang menggabungkan sinyal 4G LTE dan koneksi ADSL atau kabel untuk memberikan kecepatan internet yang stabil dan konsisten. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi mengalami gangguan koneksi saat bermain game, streaming video, atau melakukan video call.

Dual-Band Wi-Fi

Router CPE Start Hybrid mendukung dual-band Wi-Fi, yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz sesuai kebutuhan. Dengan fitur ini, Anda dapat menikmati koneksi Wi-Fi yang lebih cepat dan minim gangguan.

Jangkauan Sinyal yang Luas

Router ini dilengkapi dengan antena eksternal yang dirancang untuk memberikan jangkauan sinyal yang luas. Hal ini memastikan bahwa setiap sudut rumah atau kantor Anda mendapatkan koneksi Wi-Fi yang baik.

Fitur Keamanan

Router CPE Start Hybrid menyediakan fitur keamanan yang lengkap untuk melindungi jaringan Anda dari ancaman dan serangan. Fitur-fitur ini meliputi firewall, kontrol akses, dan enkripsi WPA2-PSK.

Spesifikasi Teknis Router CPE Start Hybrid

Spesifikasi Umum

    • Merek: Advan
    • Model: CPE Start Hybrid
    • Dimensi: 180 x 125 x 30 mm
    • Berat: 500 gram.

Spesifikasi Jaringan

  • Teknologi Hybrid (4G LTE dan ADSL/Kabel)
  • Frekuensi 4G LTE: FDD LTE B1/B3/B5/B8/B28; TDD LTE B40
  • Kecepatan: Hingga 150 Mbps (4G LTE); Hingga 100 Mbps (ADSL/Kabel)

Spesifikasi Wi-Fi

  • Frekuensi: Dual-band (2,4 GHz dan 5 GHz)
  • Standar Wi-Fi: IEEE 802.11a/b/g/n/ac
  • Kecepatan Wi-Fi: Hingga 300 Mbps (2,4 GHz); Hingga 867 Mbps (5 GHz)
  • Keamanan: WPA/WPA2-PSK

Cara Instalasi dan Pengaturan Router CPE Start Hybrid

Langkah Instalasi

  1. Tempatkan router di lokasi yang aman dan kering.
  2. Hubungkan antena eksternal ke router.
  3. Pasang kartu SIM 4G LTE ke slot yang tersedia.
  4. Hubungkan kabel listrik ke router dan sambungkan ke stopkontak.
  5. Jika Anda ingin menggunakan koneksi ADSL atau kabel, hubungkan kabel yang sesuai ke port WAN pada router.
  6. Nyalakan router dan tunggu hingga lampu indikator menyala.

Pengaturan Awal

  1. Hubungkan perangkat Anda (laptop, smartphone, atau tablet) ke jaringan Wi-Fi router menggunakan informasi SSID dan kata sandi yang tertera pada stiker yang ada di bagian bawah router.
  2. Buka browser web dan masukkan alamat IP router (biasanya 192.168.1.1) ke bilah alamat, lalu tekan Enter.
  3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi default (umumnya “admin” untuk keduanya) untuk masuk ke antarmuka pengaturan router.
  4. Ikuti langkah-langkah pengaturan awal yang disarankan oleh router, seperti mengubah SSID, mengatur kata sandi Wi-Fi, dan memperbarui firmware jika diperlukan.

Keunggulan Menggunakan Router CPE Start Hybrid

Dukungan Layanan Pelanggan

Advan menyediakan dukungan layanan pelanggan yang responsif dan ramah untuk membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin dihadapi saat menggunakan router ini. Dengan demikian, Anda dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih nyaman.

Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan produk sejenis, Router CPE Start Hybrid menawarkan harga yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas dan fitur yang ada. Ini menjadikannya pilihan yang cerdas bagi mereka yang ingin mendapatkan koneksi internet yang stabil dengan anggaran yang terbatas.

Garansi Produk

Router CPE Start Hybrid dilengkapi dengan garansi resmi dari Advan, sehingga Anda dapat yakin akan kualitas dan ketahanan produk ini. Jika terjadi masalah atau kerusakan, Anda dapat mengklaim garansi untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian sesuai ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

Router CPE Start Hybrid dari Advan merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet yang cepat dan stabil di rumah atau kantor Anda. Dengan fitur-fitur unggulan seperti kecepatan internet yang stabil, dual-band Wi-Fi, jangkauan sinyal yang luas, dan fitur keamanan yang lengkap, Anda bisa menikmati pengalaman internet yang lebih baik. Selain itu, harga yang terjangkau dan dukungan layanan pelanggan yang responsif menjadikan router ini sebagai investasi yang cerdas.

FAQ

  1. Apakah Router CPE Start Hybrid cocok untuk digunakan di daerah yang jauh dari pusat kota? Ya, router ini cocok untuk digunakan di daerah yang jauh dari pusat kota karena teknologi hybrid yang digunakan memungkinkan Anda menggabungkan sinyal 4G LTE dan koneksi ADSL atau kabel untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil.

  2. Bagaimana cara mengganti kata sandi Wi-Fi pada Router CPE Start Hybrid? Untuk mengganti kata sandi Wi-Fi, masuk ke antarmuka pengaturan router melalui browser  web, kemudian cari menu pengaturan Wi-Fi dan ubah kata sandi sesuai keinginan Anda. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

  3. Apakah Router CPE Start Hybrid mendukung VPN? Ya, Router CPE Start Hybrid mendukung VPN. Anda bisa mengatur koneksi VPN melalui antarmuka pengaturan router untuk menikmati keamanan dan privasi yang lebih baik saat menjelajahi internet.

  4. Bisakah saya menghubungkan perangkat kabel seperti komputer desktop atau konsol game ke Router CPE Start Hybrid? Ya, router ini dilengkapi dengan beberapa port LAN yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat kabel seperti komputer desktop atau konsol game. Anda hanya perlu menghubungkan kabel Ethernet dari perangkat Anda ke salah satu port LAN yang tersedia pada router.

  5. Apa perbedaan antara frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz pada Wi-Fi? Frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz merupakan dua frekuensi yang digunakan oleh Wi-Fi untuk mengirim dan menerima data. Frekuensi 2,4 GHz menawarkan jangkauan yang lebih luas, tetapi kecepatan yang lebih rendah dan lebih rentan terhadap gangguan. Sementara itu, frekuensi 5 GHz menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tahan terhadap gangguan, tetapi jangkauannya lebih terbatas. Router CPE Start Hybrid mendukung dual-band Wi-Fi, yang memungkinkan Anda memilih frekuensi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jaringan Anda.

Keranjang Belanja
Scroll to Top